“Gimana sih cara belajar kamu?”

Assalamualaikum.
Hai, hai.
Kali ini gue mau bahas tentang cara belajar.
Kesurupan apa ya gue.
Ehm.
Mulai dari mana ya?
Gini loh, ceritanya, di salah satu medsos, gue pernah kedapetan satu ask dari anon. Si anon eta nanya ke gue “tips belajarnya syifa dong..” Gue sempet mikir sih, ini orang salah minta saran apa gimana. Ya secara gitu, gue sendiri aja masih bingung cara belajar gue gimana, malah kadang gak belajar ehehehe. Tapi berhubung gue orangnya sok tau, jadi gue jawab deh =))
Yok, bahas cara belajar.


Gimana sih cara belajar lo?
Gue nanya bener loh, buat yg baca ini, comment yaa di kolom bawah, gimana cara belajar lo. Itung2 sharing gitu.
Jadi, cara belajar gue…..

Sebelumnya, gue mau cerita dikit.
Waktu SMP dulu, jujur gue gaksuka belajar. Gue lebih prefer buat baca komik, novel, main the sims, dll yaa intinya gue belajar emang kalo gue lagi kepingin atau kudu musti banget belajar. Kalo lagi ga mood ya gue ga belajar, se simple itu. 😀
Malah dulu sempet lagi UKK apa UAS gitu ya, harusnya mah belajar, gue malah main sama Amel. Serius ga boong. Gue juga ga ngerti kenapa dulu gue bisa gitu.. Dan gue cerita ini bukan untuk ditiru yaa wkwk,
Kenapa dulu gue gampang nangkep pelajaran terutama matematika adalah karena gue mencintai dia. Gue enjoy. Gue suka. Jadi karena gue suka sama dia, maka dia juga berbalik buat baik hati ke gue. Pertanyaan mainstream yg biasa gue temuin adalah, gimana caranya sih buat cinta sama pelajaran?. Ya lo analisis aja kek kehidupan sehari-hari gitu, kalo lo pengen bisa jadian sama si doi, apa yang bakal lo lakuin? Ya pasti langkah awal adalah lo deketin dulu, sering-sering lo caperin, SKSD… Awalnya sih “ah apan sih ini” lama-lama mah bakal terbiasa. Percaya ma gue.
Cintai pelajaran, pahami konsepnya, terus kerjain soalnya. Gitu aja terus sampe lo paham esensi belajar yang sesungguhnya itu ya jadiin belajar sebagai hobi lo.
Nah itu dulu… Kenapa gue bilang itu dulu? Karena sekarang udah beda…. Bedanya apa? Pas SMA gue gakbisa belajar sesantai kek dulu. Gue juga sedih. Ya jujur aja, emang pas SMA ini gue gakbisa lagi belajar “mood2an” atau kiyeng2an”. Malah gue harus kasih effort lebih buat bisa lebih juga. Saingan gue di SMA lebih parah. Kondisi di SMA gue juga mengharuskan gue untuk kerja keras. Jadi yaa, pas SMA ini gue ngerasa gue sedikit lebih rajin.
Nah gimana cara belajar gue pas SMA?
Jawabannya ada banyak. Yak! Gue belajar dengan berbagai cara. Gue belum ngena banget ke satu cara belajar. Itu lah kelemahan yang sampe sekarang gue masih berusaha buat dapetin jawabannya. “gue bagusnya belajar gaya apa sih?” Entahlah. Mungkin gue harus cobain belajar sambil kayang. /jayus
Well,ini beberapa cara belajar gue pas SMA :

  • Mind mapping! Salah satu metode yg paling sering gue pake, terutama buat pelajaran menghafal kek biologi.
    Nah, mind map itu apa sih? Mind map itu sejenis rangkuman yang berawal di tengah terus nyebar ke pinggir gitu /ngomong apa sih gue/. Ya intinya rangkuman bebas. Kalo rangkuman biasa kan terstruktur dari kolom kertas pertama terus ke bawah. Nah kalo mind map ini, lebih kaya rangkuman yang judulnya ditengah, terus penjelasan sisanya nyebar ke pinggir. Biasanya di mind map ditambahin gambar2, warna2 dsb. Ini dia contoh mind map gue :
    12045546_1511857515806493_8367790860800404740_o12184079_1511891052469806_4638924209456976460_o
    Maap kalo mind map gue ga kaya mind map beneran 😀 Gue bikin seenak hati soalnya. ehehe
    Lo bisa searching google buat liat mind map yg benerannya.
    Keuntungan pake mind map menurut gue : Lo bakal lebih hafal. (Gue sih ngalaminnya gitu) Terus sedikit2 lo bakal lebih kreatif.
    Kelemahannya : LAMA BIKINNYA. SERIUS. Gue juga suka bingung mau bikin mind map apa langsung baca aja. Karena ya emang lama bikin ginian.
  • Langsung baca.  Terus abis baca, ulangi pake diucap.
  • Baca, terus tulis yang di inget di blank paper.
  • Suruh temen sebutin.
  • Rekam.
  • Minta ajarin mastah a.k.a temen dikelas yang jago.
  • Konsul ke guru bimbel.
  • Buka geschool. Taram! Ada yg masih inget ini apa? Hayoloh. Jaman gue SMP mah geschool lagi booming2nya, sekarang kayanya tinggal satu dua yg pake. Temen gue di geschool juga gapernah ada yg online. Geschool itu apa sih kak? Geschool adalah salah satu web yang didekasikan buat kepentingan pendidikan, dimana disono ada materi pelajaran dan soal2 yg bisa lo manfaatin. Materinya dalam bentuk tulisan kaya slide ppt gitu. Masih gatau? Mending langsung check ke Web Geschool  dan registrasi yaa… Abis itu masuk deh pake account lo yang tadi dibuat dan coba utak-atik sendiri.
  • Zenius-an. Nah loh ini apalagi? Jadi, zenius itu mirip sama geschool, tapi bedanya kalo zenius itu nyediainnya video pembelajaran, jadi lo bakal diajarin lewat video. Zenius ini udah terkenal banget guys! Gak semuanya video zen bisa diliat. Jadi di zenius ini ada 3 tingkatan, guest, regular ama premium. Kalo guest mah ya biasa, orang lewat iseng buka webnya gitu, video yg bisa diliat ya paling beberapa aja. Kalo regular, lo punya account, terus lo buka, nah nanti materi nya bisa lebih luas dibanding yg guest. Cuma masih ada beberapa yg ke lock juga. Sedangkan kalo premium, lu harus beli vouchernya, ada beberapa prosedurnya, gue gakbisa jelasin. Nanti abis beli voucher lo bakal resmi jadi member premium dan semuaa materi, video, soal di web zen bisa lo buka. Tertarik? Check di Web Zenius. Zenius ini bagus banget buat pejuang SBM. Mereka nanemin konsep ke kita, bukan sekedar ngerti. Recomended banget buat temen2 yang gak bimbel. Sayangnya ada juga kelemahannya, jaringan internet lo harus stabil. Karena kalo ke load ulang, bakal balik lagi ke detik pertama. Dan satu lagi, videonya gabisa di download.
  • Belajar sama mas bejo. Mas bejo? Siapa tuh? Sama kaya zen, gue belajar juga pake video. Gue tau bejo ini dari guru MTK di sekolah. Beliau ngasih video yg udah di download ke temen2 kelas gue. Jadi gue bisa offline liatnya. Sayangnya gue punyanya cuma MTK doang.

Nah ada beberapa tips dari gue juga nih :

  • Cari waktu belajar yg pas.
    Kalo gue sih lebih suka belajar sehabis isya – tidur – belajar lagi sehabis tahajud sampe shubuh. Kalo si Amel, temen sekamer gue, dia jam2 belajarnya jam2 kalong, sekitar jam 11,12 atau jam 2an. Jadi yaa gue ga pernah liat dia belajar-_- garagara kalo gue belajar, dia bikin kerajinan atau smsan atau tidur yaa gitu deh.
    Temen-temen kelas gue juga punya waktu belajarnya sendiri-sendiri. Jam 2 pagi biasanya grup line udah rame. Salah satu kehebatan kami adalah, kami bisa tidur hanya 2 jam saja. Bayangkan. wkwk
  • Jangan nunda-nunda.
    Salah satu hal yang lagi gue biasain semenjak masuk SMA adalah ga nunda apa yg bisa dikerjain sekarang. Terutama tugas yang makan banyak waktu. Karena gue emang gak suka kalo ngerjain sesuatu terus dikejer deadline atau apa gitu. Gak suka banget. Bisa-bisa gue malah kalap dan gak ngerjain -_____-
  • Belajar pake semangat. Jangan glendeng. (gue juga masih sering banget ngeluh :”( )

Kayanya cuma segitu yang bisa gue share. Kalo ada yg lain, kalian bisa share juga di kolom comment. Maap kalo gue ada salah kata yaa..
Thanks udah baca. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

5 thoughts on ““Gimana sih cara belajar kamu?”

  1. Yuli biasanya pake konsep mind map, itu semenjak kelas 10, nah kalo lg males atau pelajaran kek pkn gt lebih suka baca, mahamin trs ngecaprak kek orang stres -_-
    cara belajar aku cuma itu doang sip wkwkwk tapi kalo itung2an ga mudeng2 ya buka zenius.

    Like

  2. cra ane belajar? selesai ngaji jam setengah 10 malem. ane ambil buku pelajaran buat besok tumpuk di atas kasur, habis itu ane wudhu balik ke kasur lg milih pelajaran apa yg mau ane pelajarin dan 5 atau 10 menit kemudian ane ketiduran. udah gtu aja makasih -_-

    Liked by 1 person

    1. iya emang, makanya kadang suka heran kenapa cowo malesan gitu ya hmm 😀 apa cuma cowo dengan spesies tertentu aja yg gitu? :v

      Like

Leave a Reply

