Santri Musiman

Assalamualaikum…..
Hallo, guys.
Kali ini syifa mau berbagi pengalaman sekaligus membuka paradigma orang-orang tentang pesantren dan santri itu sendiri.
Penasaran?
Let’s see-

Dipost kali ini, biar menghayati peran, saya,aku,gue akan berubah menjadi “ana” wkwk.
Heran gak sih kenapa seorang Syifa Auliya Haris yg notabene anak serawutan, alay, heboh, dan gak jelas kaya gini ini bisa-bisanya jadi santri?
Jadi, awal mula nya ana bisa memasuki dunia pesantren adalah karena seorang t-e-m-a-n. Ya, teman. Ana percaya 100% dengan pepatah yg mengatakan “temanmu mencerminkan siapa dirimu”. Singkatnya gini, seorang teman yg baik bakal berusaha mengajak temannya untuk menjadi baik pula, ngajak ngaji lah, kajian lah, belajar bareng, bimbel bareng, nyaranin baca buku yg keren2 ataupun hal-hal positif lainnya. Pun sebaliknya.
Beruntunglah ana punya teman yang baik, walaupun banyak pula yg sebaliknya. Ahahahahaha..
Oke, teman ana yg baik itu namanya Umrotun Nida.
Yaa, buat yg udah pernah kenal sebelumnya pasti tau lah siapa nda… Nda merupakan seorang murid MAN Babakan Ciwaringin. Seperti yg kita tau bahwa MAN merupakan sekolah setara SMA yg berbasis islami, sehingga didalam kurikulumnya jelas berbeda dg SMA. Di MAN dibekali banyak ilmu agama disamping ilmu keduniawian lainnya. Di samping itu, nda juga seorang santri. Babakan Ciwaringin emang kompleks yg banyak pesantren didalamnya, yaaa emang islami banget gitu deh daerahnya.. Nah makanya, dibalik seorang syifa yg tiba-tiba bisa jadi seorang santri ini ada seorang teman yg hebat, ya Nida itu orangnya..

Gimana cerita perjuangan Syifa jadi santri?
Bermula dari sebuah chat kita berdua, dimana nda bilang ke ana bahwa ada program ngaji pasaran di Babakan Ciwaringin. Apa itu ngaji pasaran? Kata nda gini : “Ngaji pasaran itu ngaji kitab, tapi semua pondok tuh ngadain dan kita tinggal milih mau ngaji apa dimana”. Awalnya ana gak tertarik, guys. Kenapa? soalnya ana lebih tertarik ke dunia tahfidz, belum lagi karena ana bakal jadi “stranger” di dunia yang emang “stranger” buat ana. 😥 Tapi, tergerak nih hati lama-lama gara2 ga tega sama masa depan suram kalo gapunya ilmu, dan emang adatnya seorang Syifa bukan tipe anak yg tahan lama-lama diem dirumah. I’m a bolang. Sebenernya, sempet pesimis duluan garagara ga akan dapet izin buat mondok dari mamah, papah dan kakak2ku. Dan ya, memang benar, guys. Perjuangan buat dapetin izin itu beneran ya Allah…..jatuh bangun aku mengejarmu. 😥 Sempet mikir, ini kenapa izin buat kebaikan kok susah amat:( padahal ini beneran 100% kegiatan positif, bukan hambur2 uang, foya2, maksiat kaya pesta bikini yg sempet booming. Naudzubillah dah..
Hingga pada akhirnya H-1 dimulainya ngaji, ana izin untuk yg terakhir kalinya dan setelah itu bakal nyerah kalo ga dibolehin juga.. Ternyata….Alhamdulillah hidayah dateng. Dan jadilah ku berangkat menuju Babakan Ciwaringin diantar Uwak dan air mata adikku……………………. *pake sticker motor scooter*

*Asrama Dahlia / Pondok Pesantren Daarul Ulya*
Jujur, ana bingung sebenernya nama ma’hadnya itu apa. But ya, it doesn’t matter lah.
Ma’had ana ini bukan pondokan besar, guys. Semacem asrama gitu tapi yaa berbasis islami..
Desc pondok ana nih : ada 8 kamar. dengan kapasitas 3 kamar untuk 4 orang, dan 5 kamar untuk 2 orang. Jumlah santrinya ada………..tar ana itung dulu……….ada………….19. Ini santri pas pasarannya. Santri hari-hari biasanya ana kurang tau pasti jumlahnya. Dari 19 orang itu cuma ana yg santri musiman :’) dan cuma ana dan mbak prima yg SMA :’) sisanya emang basic islami banget, MAN dan MTS gitu.. Uh, beneran deh, ana ngerasa yg paling cupu dan gatau apa-apa.
Ana sekamar sama Nda, Nufus, dan Icha. Mereka bertiga anak fullday MAN Babakan Ciwaringin (MBC). Dan tau gak? Bahkan dari hari pertamapun kita ber-4 udah akrab kaya yg udah lama kenal. Ajib.

IMG_20150626_173355
kamar ana

-To be Continue-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s